Artistic Plagiarist

Ads Here

Wednesday, October 10, 2012

Mengenal Lebih Tentang Poster


Sebelum mengenal lebih jauh tentang poster ada baiknya kita mengerti arti poster sesungguhnya,banyak pengertian dari poster itu sendiri menurut Robin landa pakar Design dalam bukunya Graphic Design Solution  mendeskripsikan poster sebagai bentuk publikasi dua dimensional dan satu muka, digunakan untuk  menyajikan sebuah informasi, data, jadwal, penawaran dan sebagainya, yang tujuannya untuk mempromosikan orang, acara, tempat, produk dan lain sebagainya.
Dalam mendesign poster terdapat tantangan yang di hadapi, bagaimana menciptakan hasil akhir /tampilan visual yang dapat atau mampu menarik perhatian publik, dan harus mampu membujuk untuk membaca  isi dari poster tersebut

Poster yang berhasil menarik perhatian umumnya memiliki sesuatu yang mencolok atau dominan serta menarik,dan tampak selaras, sebaiknya Anda simak acuan berikut:

  1. Ukuran poster harus besar dan dapat terbaca dari jarak kira-kira 10-15 kali besar poster,seandainya poster 30 cm maka seharusnya dapat terbaca dari jarak 3-4,5 meter.
  2. Layout simpel serta tidak membuat bingung pembaca, sebaiknya pilih satu elemen penting yang di tonjolkan agar pembaca cepat menangkap isi pesan dari poster tersebut.namun pengecualian buat segmen anak muda,jaman sekarang poster lebih komplek dan berasa unik hal ini berkaitan dengan jiwa anak muda jaman sekarang, yang menyukai hal-hal yang tak lazim namun tetap mengedepankan aspek Seni.
  3. Masukan Informasi penting yang di butuhkan,misal tanggal, jam, tempat dan sebagainya
  4. Ada yang di tonjolkan dari poster tersebut.
  5. hal yang penting dalam poster baiknya di tonjolkan dengan pemilihan warna, ukuran serta kontrasnya.
  6. poster bermuatan seni atau pesan informasi.
  7. Ada baiknya huruf di poster memiliki ukuran besar atau bold, dan warna yang kontras hingga bisa terlihat dari jarak jauh.
Sebuah Poster mempunyai Tugas untuk mengundang para pembaca untuk melihatnya secaras cepat karena poster biasanya hanya di baca sekilas,poster itu sendiri di ranncang untuk ruang publik,berarti poster juga bersaing dengan media-media lainya seperti pamplet,spanduk,baliho dan sebagainya,maka dengan hal itu sebuah design poster harus mampu menghipnotis para pembaca untuk melihat isi yang terkandung dalam poster tersebut.
Prinsip utama dari poster adalah bagaimana merebut perhatian audiens yang sedang sibuk dan  On The Move untuk dipaksa menoleh dan  membaca pesan.
Jadi siapkah anda untuk mendesign poster.. terus KISS "Keep It Simple,Stupid"

(To be continued #Plagiart )

2 comments:

  1. @Mochammad I H hehehehe tagline itu saya ambil dari buku Desain Komunikasi Visual...hehehehe

    ReplyDelete
  2. Dari jauh gambarnya seperti cewek, pas di didekati jiahh wajah cowok.

    posternya berhasil.....berhaasil menipu

    ReplyDelete